Money
Ini Alasan Kenapa Liburan Ke Luar Negeri Pakai Kartu Debit Lebih Aman

6 Dec 2018


Dok. Rawpixel
 
Saat liburan ke luar negeri, kebanyakan dari kita akan membawa uang tunai dengan alasan memudahkan transaksi di tempat tujuan. Namun sebenarnya, hal ini justru merepotkan saat traveling.
 
Seperti yang disampaikan travel blogger, Kenny Santana yang memiliki akun Instagram @kartuposinsta. “Membawa uang tunai terlalu banyak saat liburan ke luar negeri justru merugikan, apalagi jika negara tersebut tidak menggunakan kurs mata uang populer seperti Dollar atau Euro. Karena biasanya, kebanyakan negara justru sulit menukarkan Rupiah ke mata uang negara tersebut,” jelasnya.
 
Biasanya, harus menukarkan Rupiah ke Dollar terlebih dahulu, baru menukarkan kembali ke mata uang yang diinginkan. “Dengan dua kali menukarkan mata uang, akan semakin sedikit kita dapat nominal uangnya,” tambah Kenny yang menurutnya menukarkan uang dua kali juga merepotkan. Pasalnya, terkadang kita harus membandingkan kurs nilai tukar di berbagai tempat demi mendapatkan nilai tukar yang lebih baik.
 
Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan liburan ke luar negeri, menggunakan kartu debit jauh lebih aman dan nyaman. “Ketika liburan saya sudah jarang menukarkan uang di money changer. Karena, selain tak perlu membawa banyak uang tunai yang berisiko hilang atau dicuri, menggunakan kartu debit juga mendapatkan kurs nilai tukar yang lebih kompetitif, sehingga lebih aman,” cerita Kenny dalam acara peluncuran Kartu Debit Commonwealth Bank bekerja sama dengan Mastercard.
 
Kendati demikian, tip lain yang diberikan oleh Kenny jika ingin liburan ke luar negeri, tetap sediakan uang tunai, namun dalam jumlah yang sedikit saja. “Uang tunai tersebut nantinya berfungsi untuk keadaan-keadaan darurat saja,” tambahnya. (f)

Baca Juga :

Ingin Lebih Hemat? Coba Dompet Digital untuk Mengerem Pengeluaran Anda
5 Tip Antirugi Saat Membeli Barang Mewah
Millenial Melewatkan Jam Makan Siang Demi Berburu Diskon Liburan

 

Citra Narada Putri


Topic

#tipliburan, #uangbelanja, #tipkeuangan

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.