Home Interior
Timeless Design, Kunci Agar Hunian Tak Tampak Kuno

2 Aug 2018


#Desain Klasik

Sebenarnya, penciptaan kesan timeless yang melekat erat pada desain klasik memberikan kesan berat. Jika ditilik dari sejarah Kerajaan Romawi atau Yunani kuno, asal desain ini bermuara, predikat kata klasik diberikan pada suatu karya arsitektur yang memiliki nilai keabadian, selain ketinggian mutunya.

“Gaya desain klasik ini merupakan ungkapan dan gambaran perjalanan sejarah arsitektur Eropa yang secara khusus menunjuk pada karya arsitektur bernilai tinggi dan first class. Ciri khas yang ditampilkannya adalah pemakaian pilar, ornamen, dan profil dengan ukuran yang cukup masif menyesuaikan dengan luasnya bangunan,” tutur Ronald. 

Untuk market di Indonesia, menelan bulat-bulat desain klasik yang sesuai aslinya akan terlihat kurang cocok. Apalagi mengingat ketersediaan lahan yang makin terbatas sehingga penggunaan elemen-elemennya juga harus disesuaikan. 

“Arsitektur dan desain klasik yang mengikuti perkembangan zaman kini memiliki napas modern sehingga perpaduannya dinamakan desain klasik modern. Karena modern inilah, maka tampilannya tidak akan seberat desain klasik aslinya. Namun, harus tetap berpijak pada aturan baku dari gaya ini,” tambahnya lagi.

Selain Eropa, penerapan gaya klasik ini juga sering terlihat pada gaya desain hunian di Amerika. Dinamakan American classic, porsi penyatuan warna desainnya memang hanya sedikit digunakan. Seperti penggunaan palet warna lembut, yakni putih, krem, beige, dan cokelat yang dikombinasikan dengan warna menonjol, yaitu hitam atau merah, yang umumnya terlihat pada beberapa perabot besar. 

Warna yang menonjol ini memberikan statement tersendiri dalam ruangan sehingga ruangan tampak hidup dan tak monoton. Sementara warna lembut selalu memiliki kekuatan untuk beradapsi dengan berbagai warna lain. Jadi, tidak perlu khawatir ruangan akan tampak terlalu ramai. Hasil kolaborasi minimnya warna ini menciptakan tampilan yang anggun dan timeless. 
 


Topic

#interior, #rumah, #homeinterior

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?