Health & Diet
Ingin Daya Ingat Lebih Tajam? Tidur yang Cukup!

20 Apr 2017


Foto: Fotosearch


Ternyata kita bisa mempertajam daya ingat melalui tidur yang cukup. Baru-baru ini para peneliti dari University of Geneva, Swiss, mempresentasikan hasil temuan mereka yang melibatkan sekelompok partisipan mengenai hubungan antara tidur malam dan daya ingat di Konferensi Federation European Neuroscience Societies.

Pada penelitian ini partisipan harus mengingat gambar yang diberikan peneliti. Mereka juga diminta untuk menghubungan titik-titik yang bergerak di layar komputer menggunakan joystick.
    
Pada malam hari, sebagian dari mereka diperbolehkan tidur malam secara normal sedangkan sisanya hanya boleh tidur siang. Keesokan harinya, seluruh partisipan diminta mengikuti titik-titik pada layar dan menyebutkan gambar, sementara otak mereka dipasang sejenis alat pemantau. Seperti yang bisa ditebak, partisipan yang tidur cukup di malam hari memiliki kemampuan mengingat lebih baik dibandingkan mereka yang kurang tidur!

Walau masih perlu penelitian lebih lanjut, kepala penelitian Dr. Sophie Schwartz menyimpulkan tidur malam dapat memperkuat hubungan antarsel saraf otak yang berperan penting dalam proses belajar dan mengingat. Wah, mulai sekarang harus tidur lebih awal, nih, supaya nggak cepat pikun!(f)



Topic

#tidurdayaingat