Health & Diet
8 Gangguan Kesehatan Akibat Video Games

5 Dec 2018

 
6/ Penyakit Jantung
Penyakit jantung erat kaitannya dengan gaya hidup. “Jika tubuh tidak banyak bergerak, akan terjadi penumpukan lemak pada jantung dan pembuluh darah atau kolesterol tinggi. Hal ini dalam jangka panjang bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, diabetes, hingga gangguan jantung,” jelas dr. Kristiana.
 
7/ Gangguan Saraf
Duduk terlalu lama bisa mengakibatkan pegal-pegal pada tulang punggung belakang bagian bawah hingga saraf terjepit. Sebuah studi mengungkapkan bahwa anak-anak yang bermain video game lebih dari 2 jam sehari lebih tinggi berisiko menderita lower back pain. Kerusakan tendon juga rentan terjadi pada jari tangan, jika bermain dengan intensitas tinggi tanpa istirahat.
 
8/ Obesitas Versus Malnutrisi
Sudah banyak penelitian yang mengaitkan video game dengan meningkatnya body mass index (BMI). “Karena efek adiksi itu, akhirnya mereka lebih banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer/konsol video game. Aktivitas fisiknya hampir tidak ada,” jelas dr. Kristiana.
 
Sebuah penelitian di Amerika mengindikasikan bahwa anak laki-laki yang tiap harinya menghabiskan kurang dari 1,5 jam menonton televisi atau bermain game, 75,4% lebih sedikit memiliki risiko terkena obesitas daripada mereka yang bermain lebih dari 1,5 jam per harinya.
 
“Selain risiko obesitas, ada juga potensi malnutrisi, asupan makanan kurang atau lebih memilih junk food agar tidak perlu berlama-lama meninggalkan permainannya,” ujar dr. Kristiana. (f)
 
Baca Juga:

Ketahananan Mental Mampu Mengurangi Angka Bunuh Diri Pada Remaja
3 Jenis Terapi Khusus untuk Menyembuhkan Kecanduan Game Online
Diet Medsos, Supaya Jiwa Tetap Sehat

 


Topic

#kesehatan, #kesehatanjiwa, #mentalhealth, #gadget, #videogames

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?