Family
Balita Anda Malas Mandi? Berikut 5 Cara Membujuknya

21 Mar 2017


Foto: 123RF

Selalu ada waktu-waktu tertentu ketika balita malas mandi. Dengan segudang alasan, ia pun menjawab "tidak" saat Anda memintanya masuk ke kamar mandi. Yuk, bujuk balita Anda untuk mandi dengan cara yang menyenangkan, seperti yang dilansir dari situs Ayahbunda.

1. Gunakan lokasi lain
Anak mungkin bosan dengan suasana kamar mandi. Sesekali mandikan ia di ember khusus di halaman belakang. Atau jika biasanya ia mandi di bathtub, kali ini ajak ia mandi dengan shower.

2. Siapkan mainan
Pisahkan mainan yang hanya boleh dimainkan saat mandi, lalu biarkan ia bermain dengan mainannya saat sebelum mandi.  Begitu asyik bermain, ia tak akan keberatan jika Anda mandikan.

3. Waktunya mandi berdua
Tunjukkan Anda senang bermain dengannya saat mandi. Tiup gelembung sabun dan cipratkan air kepadanya. Lama-kelamaan anak pasti tertarik untuk bergabung dengan Anda. 

4. Daftarkan kelas renang
Dengan berenang ia akan belajar bagaimana serunya bermain di sekitar air sehingga rasa malasnya pada mandi menjadi hilang.

5. Ritual harian
Jadikan acara mandi sebagai ritual, misalnya setelah mandi, Anda akan mengajaknya membaca bersama atau makan camilan sehat buatan Anda. Begitu mengetahui mandi adalah bagian dari bermain bersama Anda, ia akan menerimanya. (f)

Baca Juga:



Topic

#balita