Career
5 Hal Ini Pantang Diucapkan Saat Wawancara Kerja

13 Aug 2017


Foto: Pixabay

 
Interview adalah tahapan vital untuk meyakinkan calon perusahaan bahwa Andalah sosok tepat bagi posisi karier yang mereka tawarkan. Setiap perkataan yang keluar dari mulut Anda akan menjadi catatan penting yang ikut menentukan. Salah bicara bisa menyabotase kesempatan Anda!

Situs karier Glassdoor.com memberikan 5 rambu kata-kata yang tak boleh terucap.
 
1/ “Sebenarnya saya belum pernah melakukan pekerjaan ini sebelumnya, tapi…”
Mengatakan hal ini sama artinya dengan menyangkal isi CV Anda sendiri. Sebab, perusahaan tidak akan buang-buang waktu mengundang wawancara jika menurut mereka Anda tidak punya bekal pengalaman yang cukup.

Harusnya, kesempatan ini Anda gunakan untuk mengaitkan keahlian dan pengalaman kerja di CV dengan harapan dari perusahaan. Bahwa, Andalah orang paling tepat untuk posisi itu.
 
2/ “Maaf, boleh diulang lagi nama posisinya?”
Pertanyaan apa pun terkait dengan deskripsi pekerjaan atau perusahaan menunjukkan bahwa Anda tidak mempersiapkan diri dengan baik. Sama seperti mempersiapkan diri untuk ujian tesis, Anda harus memahami posisi yang Anda lamar dengan baik.

Apalagi di era internet dan teknologi mobile, riset tentang budaya kerja, nilai-nilai yang dipakai, hingga nama-nama jajaran penting perusahaan bisa Anda ketahui dengan mudah kapanpun, di manapun, melalui gawai Anda.
 
3/ “Warna lipstik ibu bagus, terlihat segar di wajah”
Usaha Anda memuji, terutama jika itu terkait dengan kepemilikan benda atau penampilan, tidak selalu berujung baik. Salah-salah justru bisa bikin tersinggung.

Apabila ingin memuji, maka fokus pada pencapaian mereka di bisnis. Misalnya, penghargaan yang pernah diraih oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan lebih memberikan nilai plus di mata pewawancara.  
 
4/ “Bos terakhir saya sangat menyebalkan”
Jangan curhat tentang pengalaman buruk Anda di perusahaan lama. Apalagi sampai mengatakan bahwa Anda tidak bisa membaur dengan lingkungan kerjanya.

Pertama, hal ini akan menunjukkan bahwa Anda tidak bisa menghadapi tantangan situasi dan mengalahkannya. Kedua, bisa jadi Anda akan mengumbar keburukan perusahaan di masa depan.
 
5/ “Tidak ada lagi yang ingin saya tanyakan”
Di akhir wawancara, biasanya pewawancara akan menanyakan apakah ada yang masih ingin Anda tanyakan. Jawaban yang diharapkan adalah, “Ya, ada”. Ini menunjukkan antusiasme Anda terhadap perusahaan atau posisi yang ditawarkan.

Sebab, sama seperti proses pendekatan saat pacaran, Anda pasti ingin mengenal lebih dalam tentang perusahaan yang Anda lamar. Misalnya, tentang tantangan perusahaan saat memenuhi tuntutan klien, atau tantangan awal apa yang biasa dihadapi oleh pegawai baru di divisi Anda. (f)

Baca juga:
5 Tip Sukses Kerja Magang
Apakah Anda Seorang Workaholic? Cek di Kuis Karier Ini!
Ingin Berburu Pekerjaan Baru? Ikuti 6 Kiat Memoles CV Ini
Sukses Wawancara Kerja, Lakukan 4 Hal ini


Naomi Jayalaksana


Topic

#wawancarakerja, #tipkarier